You are one special Flower

Sekai ni hitotsu dake no hana – the only one flower in the world

Satu lagu lawas dari grup band mas-mas tampan SMAP yang sekarang udah pada jadi Om Om ganteng olala, yang salah satu personilnya ada Takuya Kimura. Ada yang tidak kenal dengan si Om satu ini? Inget Long Vacation? Hehe… ga kenal juga gapapa, ga masuk soal ujian nasional, apalagi ujian baca tulis Al-Qur’an, hahahaa…

Aku mo berbagi tulisan tentang satu lagu mereka yang menurutku ngajarin kita untuk menerima diri sendiri dan berusaha optimal untuk jadi diri sendiri yang terbaik. Judulnya 世界に一つだけの花 (Sekai ni hitotsu dake no hana) ato yaaa kira-kira terjemahannya satu-satunya bunga di dunia.

Lagu ini bercerita tentang bunga-bunga yang dijual di toko bunga. Para bunga ini tumbuh dengan indahnya, berbeda satu sama lainnya, berjejer rapi di depan toko. Akan tetapi mereka ngga bertengkar, ataupun bersaing jadi yang terindah di muka bumi. Mereka tumbuh dengan tegak dan bangga di potnya masing-masing.
Nah, bait kedua lagu ini membandingkan sifat manusia dengan sikap para bunga yang kalem-kalem ayem tumbuh cantik gak pake berantem. Kenapa sih manusia selalu bersusah payah membandingkan dirinya dengan orang lain, selalu bersaing padahal tiap orang terlahir berbeda. Semua orang pengen jadi yang nomer satu. Kayak kecap aja, mana ada orang jual kecap nomer dua. Semuanya aja kecap nomer satu, hehee…

Di bagian reff lagu, mereka mengingatkan gini…
“Iya lho, kita ini satu-satunya bunga di dunia. Setiap orang terlahir membawa bibit yang berbeda. Asalkan tiap orang berusaha untuk “mekar” dengan cara terbaik mereka, itu sudah cukup tanpa harus jadi yang nomer satu apalagi sampe njegal ato menjelekkan orang lain.

Di bait berikutnya, ada cerita tentang seorang calon pembeli bunga yang bingung mo pilih bunga apa. Semua bunga yang ada masing-masing berusaha tumbuh dengan sempurna jadinya mereka cantik semua. Begitulah adanya. Akhirnya dia pulang membawa satu buket berisi bermacam-macam bunga. Senyuman puas tampak jelas di wajahnya.

Nah, kata si penyanyi di bait berikutnya gini. Walaupun aku ngga tahu nama si orang itu, tapi hari itu dia membuatku tersenyum. Seperti sepucuk bunga yang diam-diam tumbuh cantik di tempat yang tidak diketahui siapapun.

Yah, intinya sih tidak perlu lah berusaha membandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena rumput tetangga akan selalu terlihat lebih hijau. Orang lain akan tampak lebih oke, tanpa kita sadari bahwa kita sendiri sudah dibekali potensi untuk bisa tumbuh cemerlang kalau kita berusaha mendayagunakan apa yang sudah Allah berikan untuk kita. You are the only version of yourself. No one could walk your path for you. None could tell your story but you.

Individual differences, manusia tidak ada yang sama persis. Subhanallah. Allah ngga pernah salah dalam mencipta. Tidak perlu jadi yang nomer satu karena kita semua adalah satu yang ter-ISTIMMMEEEEWA.

Hanya perlu lebih banyak bersyukur untuk bisa menikmati hidup. Walau kadang kita perlu sering diingatkan, jangan pernah bosan untuk menggali potensi diri dan cukup memandang orang lain sebagai sesama bunga cantik yang sedang berusaha tumbuh sesuai fitrah yang sudah Allah tetapkan. Semoga kita ketemu di taman surga yaa… =)

Advertisements

4 thoughts on “You are one special Flower

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s